Cara Render Video Menjadi HD [Sony Vegas Pro 11]

Halo sobat blogger, ketemu lagi dengan saya...
Berikut akan saya jabarkan cara rendering video dengan Sony Vegas Pro 11
(yang saya gunakan kali ini adalah Sony Vegas Pro 11 karena hanya versi ini yang mendukung system 32bit, seterusnya tidak lagi.)

Sebelum kita maju ke tutorial nya, alangkah baiknya saya menjelaskan tentang apa rendering video itu.
Mengutip wikipedia;

Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara kolektif dapat disebut sebuah berkas adegan), melalui program komputer. 

Baiklah, mari kita lanjut ke tata cara render video.

Pertama, siapkan aplikasi yang diperlukan, antara lain:
  • Sony Vegas Pro 11 (atau keatas bila anda mempunyai komputer 64bit.) (silahkan cari link download di google).
  • Handbrake (jika anda akan mengupload video tsb ke youtube)
  • CPU yang kuat (minimal 2.0ghz)
  • GPU yang kuat (sebagai alternatif lain jika CPU tidak kuat. Minimal 400mb)
  • Charger (bila anda memakai laptop untuk render) 
  • Kopi pahit/manis untuk menunggu proses selesainya rendering (ditambah sebuah koran/buku) hehe :D 
Kedua, rekam sebuah footage yang akan anda render.

Ketiga, save file footage tersebut di lokasi mana saja yang ada di dalam komputer anda.

Keempat, import file video tersebut kedalam Sony Vegas Pro.

Kelima (opsional), tambahkan beberapa visual effects/edit sesuka hati anda.

Keenam, waktunya render. Setelah selesai meng-edit, tinggal klik render as.

Disini terdapat berbagai setting yang bisa anda pilih. Jika anda ingin merender full HD, saya sarankan untuk memakai settingan saya ini: 



Ketujuh, tinggal menunggu sampai proses render selesai (tergantung CPU dan GPU). Disarankan untuk tidak membuka program lain selagi merender.

Sekian dan semoga bermanfaat. 

Jika anda ingin mendonate sebuah bits ke saya, silahkan kirim ke address ini. Setiap bits yang anda berikan sangat berharga bagi saya :) dan akan membuat saya lebih giat posting di blog ini. 

1Bq1p9iLwWCdEZj9jwe8aivNt18oTqfPZr

Comments